«

»

Dec 05

Pembinaan Nasional Tahap I IOAA 2015

press release:

Pembinaan Nasional Tahap I IOAA 2015

Menjelang selesainya Olimpiade Sains Nasional 2014 di Mataram pada bulan September lalu, siswa peraih medali emas, perak dan perunggu berhak mengikuti pelatihan tahap 1 yang dipersiapkan sebagai tim nasional dan akan mewakili Indonesia pada IOAA 2015 yang kebetulan akan dilaksanakan di Indonesia. Para siswa menjalani pelatihan ketat selama 1 bulan yang berlangsung di Balai Kartini-Bandung yang dimulai pada 26 Oktober 2014 sampai 23 November 2014.

Pelatihan tahap 1 meliputi pemahaman dasar materi baik teori maupun observasi. Pemahaman dasar teori tidak hanya astronomi, namun juga teori dasar matematika dan fisika. Peserta melakukan belajar teori di ruang kelas balai Kartini, Bandung, sedang kegiatan observasi sebagian besar dilaksanakan di Observatorium Bosscha, Lembang. Dalam KBM di kelas, siswa diberi kesempatan untuk belajar mandiri maupun belajar kelompok. Dalam salah satu kelas fisika bintang yang dipimpin oleh Dr. Hakim L. Malasan, M.Sc, siswa-siswa secara berkelompok diminta memilih sebuah gugus bintang untuk dianalisis dan ditentukan parameter fisisnya dengan software VIREO. Dalam pekerjaan ini siswa dituntut untuk memiliki setiap basis dari materi fisika bintang dan penalaran yang baik dalam penjabaran hasil yang mereka peroleh, yang selanjutnya akan mereka presentasikan secara kelompok. Berikut ini adalah file-file presentasi yang telah dibuat oleh siswa-siswa terbaik bidang Astronomi tingkat SMA tersebut:

Presentasi kelompok 1 – Pengamatan Fotometri dan Analisis Gugus Bintang IC 4665

Presentasi kelompok 2 – Pengamatan Fotometri dan Analisis Gugus Bintang M 67

Presentasi kelompok 3 – Pengamatan Fotometri dan Analisis Gugus Bintang NGC 6475

Presentasi kelompok 4 – Pengamatan Fotometri dan Analisis Gugus Bintang IC 2391

Presentasi kelompok 5 – Pengamatan Fotometri dan Analisis Gugus Bintang M 44

Presentasi kelompok 6 – Pengamatan Fotometri dan Analisis Gugus Bintang IC 2602

Presentasi kelompok 7 – Pengamatan Fotometri dan Analisis Gugus Bintang NGC 752

Selain mendapatkan pelatihan materi teori dan observasi, peserta juga melakukan jalan-jalan di akhir pekan untuk melepas penat. Di bawah ini beberapa kenang-kenangan foto pada pelatihan tahap 1 lalu.

ice-skating-akhir-pekan

Picture 1 of 21

Selanjutnya, dari pelatihan tahap 1 ini akan dipilih 15 sampai 20 siswa terbaik yang berhak mengikuti pelatihan tahap 2 pada bulan Februari. Pengumuman secara resmi akan disampaikan pada website ini. Sampai jumpa pada pelatihan tahap 2!

Lembang, 5 Desember 2014

Admin Website TPOA