Kelembagaan TPOA

Tim Pembina Olimpiade Astronomi atau yang sering disingkat menjadi TPOA adalah tim yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan sejumlah orang terkait yang merupakan satu-satunya organisasi resmi dibawah naungan Menteri Pendidikan Nasional Indonesia mengurusi tentang pembinaan olimpiade Astronomi. Selain itu, TPOA juga terasosiasi dengan IAO(International Astronomy Olympiads), IOAA(International Olympiads Astronomy and Astrophysics) dan IESO(International Earth Sciences Olympiads).

Selain membina olimpiade bidang Astronomi, TPOA juga melatih sebagian bidang keahlian dari cabang olimpiade Kebumian(Earth Sciences). Sekretariat TPOA berada di Gedung Labtek III program studi Astronomi, Institut Teknologi Bandung. Sedangkan pelatihan dan pembinaan berada di Balai Kartini dan Observatorium Bosscha, Bandung.

Lingkup aktifitas utama TPOA adalah

  1. Koordinator pelaksanaan olimpiade sains bidang Astronomi di Kabupaten, Provinsi dan Nasional
  2. Training Center bagi tim nasional olimpiade internasional bidang astronomi dan kebumian yang meliputi persiapan dan pengelolaan program pelatihan, seleksi dan pembentukan timnas.
  3. Pembinaan sumberdaya daerah melalui pelaksanaan Bimtek/ToT, distribusi dan training instrument eks-IOAA.
  4. Pengembangan dan diseminasi produk-produk TPOA.
  5. Tindak Lanjut bagi alumni olimpiade

 

Berikut adalah struktur kepengurusan TPOA 2012

organigram 2013

Lingkup Aktifitas

Lingkup aktifitas utama TPOA adalah Koordinator pelaksanaan olimpiade sains bidang Astronomi di Kabupaten, Provinsi dan Nasional Training Center bagi tim nasional olimpiade internasional bidang astronomi dan kebumian yang meliputi persiapan dan pengelolaan program pelatihan, seleksi dan pembentukan timnas. Pembinaan sumberdaya daerah melalui pelaksanaan Bimtek/ToT, distribusi dan training instrument eks-IOAA. Pengembangan dan diseminasi produk-produk TPOA. Tindak …

View page »

organogram atas

Struktur Kepengurusan

View page »

Tentang TPOA

Tim Pembina Olimpiade Astronomi atau yang sering disingkat menjadi TPOA adalah tim yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan sejumlah orang terkait yang merupakan satu-satunya organisasi resmi dibawah naungan Menteri Pendidikan Nasional Indonesia mengurusi tentang pembinaan olimpiade Astronomi. Selain itu, TPOA juga terasosiasi dengan IAO(International Astronomy Olympiads), IOAA(International Olympiads Astronomy and Astrophysics) dan IESO(International Earth Sciences …

View page »