Press Release: Hasil The 7th IOAA di Volos, Yunani

Press Release:

Tim Indonesia meraih 1 medali emas, 1 medali perak, 1 perunggu, 2 honorable mentions dan 1 medali perunggu team competition dalam 7th International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) di Volos, Yunani

 

Tim Indonesia mengikuti the 7th IOAA yang telah berlangsung pada 27 Juli-5 Agustus 2013 di kota Volos, Yunani. The 7th IOAA ini dihadiri oleh 41 tim dengan total 182 siswa dari 35 negara. Siswa-siswi Indonesia menempuh berbagai ronde dalam ajang IOAA meliputi:

  1. Ronde teori, berisi 15 soal essay pendek dan 3 soal essay panjang dengan tingkat kesulitan yang bervariasi.
  2. Ronde analisa data yang intinya memecahkan 3 masalah astronomi observasi melalui pengolahan data dan grafik secara manual, serta 1 soal yang penyelesaiannya dengan menggunakan perangkat lunak komputer.
  3. Ronde observasi berisi 2 persoalan yang harus dipecahkan di lapangan dengan menggunakan teleskop, sayang sekali karena langit mendung soal ini kemudian dibatalkan. Soal yang dilombakan kemudian adalah soal simulasi teleskop observasi dalam ruangan (indoor).

Para siswa menginap di hotel Hania Opelion, di perbukitan Chania,  kota Volos, sedangkan para team leader menginap di Olympic Accomodation House, di tengah kota Volos. Pelaksanaan ronde teori dan analisa data di kampus Thesally University, Volos dalam cuaca panas dan kering, sedang ronde Observasi di perbukitan Chania yang dingin dan kering, menjadi tantangan tersendiri bagi anak-anak Indonesia dalam olimpiade ini.

Perolehan medali adalah sebagai berikut:

  1. Medali Emas : David Orlando Kurniawan ( SMAK 1 Penabur, DKI Jakarta)
  2. Medali Perak : Marcelina Viana (SMA Santa Ursula, DKI Jakarta)
  3. Medali Perunggu : Muhammad Imam Adli (SMA Kharisma Bangsa, Banten)
  4. Honorable Mention: R. Aryo Tri Adhimukti (SMAN 3 Malang, Jawa Timur) dan Rizki Wahyu Pangestu (SMAN 1 Banjarnegara, Jawa Tengah).

Tim Indonesia juga berhasil meraih Medali Perunggu pada ronde kompetisi tim. Tim Indonsia berada di bawah tim Korea Selatan dan tim Singapura dalam menjawab sekitar 180 pertanyaan astronomi dalam bentuk teka-teki silang. Tim yang menjawab semua pertanyaan dengan waktu yang singkat akan menjadi pemenangnya.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia untuk Republik Yunani Bapak Benny Bahanadewa dan Istri berkenan menghadiri acara penutupan dan pemberian medali IOAA di Congres Hall of Holy Metropolis of Demetriados and Almyros. Bahkan beliau diminta oleh panitia untuk memberikan medali bagi beberapa peraih medali perak termasuk diantaranya siswa kita Marcelina Viana. Selain itu saat uoacara penutupan hadir pula duta besar Negara Thailand dan Iran.

 

Volos, 4 Agustus 2013

 

Tim Leader Indonesia untuk IOAA 2013:

Dr. rer.nat. M. Ikbal Arifyanto dan Dr. Hakim L. Malasan, M.Sc.

 

Observer Indonesia untuk IOAA 2013:

Drs. Heri Fitriono, MA.

Dokumentasi:

IO1

 Defile tim Indonesia dalam acara pembukaan 7th IOAA, Volos

IO2

Medali Emas, Perak, Perunggu individual dan Medali Perunggu tim

IO3

Tim Indonesia meraih perunggu team competition

IO4

David Orlando Kurniawan peraih medali Emas

Admin